Tips Cerdas Meracik Obat Herbal Untuk Berbagai Macam Penyakit

Tips Cerdas Meracik Obat Herbal Untuk Berbagai Macam Penyakit

Fadhilahherbal.com - Tips Cerdas Meracik Obat Herbal Untuk Berbagai Macam Penyakit. Patut Kita syukuri karena menjadi salah satu warga di negara Indonesia yang kaya akan alamnya dengan berbagai macam jenis tumbuhan dengan beribu khasiat. Ada banyak sekali macam tumbuhan yang digunakan sudah sejak zaman nenek moyang Kita yang biasanya diracik menjadi suatu obat. Pada saat ini obat tersebut dikenal dengan nama obat herbal dan jamu. Selain ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit, obat herbal juga terjual lebih murah dan mudah untuk Kita temukan dimana saja. Obat herbal yang dibuat dari beberapa tanaman yang berkhasiat sangat aman untuk dikonsumsi, selain itu khasiatnya juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh Kita. Bedanya obat herbal dengan obat konvensional obat herbal memiliki khasiat yang sangat banyak, sedangkan obat konvensional hanya khusus untuk mengobati satu jenis penyakit saja. Misalnya seperti asam mefenamat yang dikonsumsi untuk meredakan rasa sakit, parasetamol untuk menurunkan panas dll. Berikut contoh Tips Cerdas Meracik Obat herbal walau satu jenis namun dapat menyembuhkan berbagai penyakit sekaligus yaitu tanaman sambiloto. Tanaman ini memiliki fungsi untuk menghambat perkembangan bakteri dan virus selain itu obat ini juga berfungsi untuk menurunkan gula darah, antidemam, menurunkan tekanan darah, menetralkan racum dan sevagai anti inflamasi. Hebat bukan? Jadi obat herbal disini tidak hanya aman untuk Kita konsumsi, tapi memiliki segudang khasiat untuk berbagai macam penyakit sekaligus.

Berikut Adalah Tips Cerdas Meracik Obat Herbal Untuk Berbagai Macam Penyakit

Diracik dengan cara pemipisan

Obat herbal di Indonesia dapat diracik dengan cara pemipisan. Cara ini biasanya dilakukan ketika bahan bakunya terbuat dari bahan-bahan yang segar yang mulanya harus terlebih dahulu dihaluskan dan ditumbuk. Setelah dihaluskan obat herbal tersebut akan mengandung air yang kemudian di saring dan ditambahkan air matang secukupnya, dan ampas tersebut kemudian disaring lagi. Ada beberapa obat herbal yang masih memerlukan gula, garam dan jeruk nipis.

Dengan cara direbus

Ada beberapa obat yang dibuat dengan cara direbus. Jadi tanaman herbal tersebut biasanya hanya dibuat dengan cara direbus. Cara ini paling gampang untuk dilakukan, dan lebih banyak dipilih oleh orang-orang.  Biasanya obat herbal yang dibuat dengan cara direbus dilakukan untuk memindahkan zat berkhasiat yang ada. Setelah direbus diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dikonsumsi. Jika obat herbal yang direbus terlihat lengket dan kental sebaiknya bahan tersebut jangan di konsumsi.

Diracik dan dibuat dengan seduhan

Ada juga obat herbal yang diracik dan dibuat dengan seduhan. Biasanya bahan yang dibuat ini tegolong bahan yang masih segar dan sudah dikerigkan. Jadi sebelum dibuat biasanya bahan tersebut di potong menjadi kecil atau ditumbuk hingga menjadi serbuk. Setelah otu barulah dibuat dengan ditambahkan air panas. Ramuan obat herbal yang dibuat dengan diseduh dapat Anda tambahkan dengan madu, gula, aren ataupun jeruk nipis. Jadi sebelum menjadi obat yang dapat diseduh biasanya obat herbal tersebut diracik hingga menjadi serbuk. Sebelum itu bahan yang ada biasanya akan dikeringkan. Setelah kering maka proses pengahalusan dapat Anda lakukan dengan mesin penghalus seperti menghaluskan tepung. Obat serbuk yang biasanya pahit tidak akan dibuat menjadi suatu minuman melainkan langsung diseduh dengan sedikit air yang biasanya takarannya hanya dalam satu sendok makan saja.

Diracik dalam bentuk pil

Obat herbal yang diracik dalam bentuk pil akan lebih mudah membuat pengguna menyimpan dan mengkonsumsinya. Pembuatan obat herbal yang seperti ini sedikit lebih ribet sih, jadi biasanya obat herbal yang dibuat menjadi pil merupakan buatan dari suatu perusahaan yang sudah tergolong besar. Namun bukan berarti Anda tidak dapat membuat obat herbal yang diracik seperti halnya pil ya dirumah. Sama seperti obat herbal pil, kapsul juga merupakan salah satu racikan obat herbal yang tergolong rumit. Seperti kapsul pada umunya, jika Kita belah maka isi kapsul akan berupa serbuk dan ekstrak. Untuk membuatnya juga memerlukan beberapa tahap yang tidak mudah dilakukan. Pembuatan obat herbal yang seperti ini harus benar-benar dibuat secara lebih steril.

Diracik menjadi sirup

Berikut obat herbal yang sengaja diracik menjadi sirup. Biasanya pembuatan obat herbal ini terdiri dari beberapa ramuan. Jika untuk anak-anak maka Anda dapat mencampurkan obat dengan sedikit gula dan madu. Selain membuat rasanya manis, obat herbal yang ditambah dengan gula memberikan fungsi lebih untuk obat herbal tersebut yaitu jamu yang Anda racik menjadi lebih awet. Percaya atau tidak terdapat beberapa obat herbal yang dibuat untuk pemakaian luar saja, jadi tidak untuk dikonsumsi. Biasanya obat herbal yang dibuat ini diracik menjadi lulur. Cara pebuatannya cukup mudah, biasanya dilakukan dengan cara memipis. Setelah lebih halus maka bahan tersebut dapat langsung Anda gunakan agar kandungan air tidak mengering dan langsung melekat pada tubuh. Semoga Artikel Tips Cerdas Meracik Obat Herbal Untuk Berbagai Macam Penyakit ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *